RSS

Lebih Nyaman Nikmati Pro-Kontra

24 Sep

Sebagai seorang karyawati dan ibu 2 puteri, saya banyak berinterkasi dengan berbagai orang. Dalam dunia kerja kerap menuntut untuk lebih banyak bersikap profesional dan sabar karena kita tidak bisa mendikte mereka untuk menurut kemauan kita. Juga dalam bertetangga, berteman kita juga tidak bisa memaksakan aturan main yang dianggap nyaman buat pribadi. Sebagai personil A Sia Na, juga tidak bisa kita memaksakan orang untuk suka. Pasti pro dan kontra datang, secara face to face menyatakan ketidaksukaan atau pun secara tidak langsung.

manajemen kemarahan www.methodsofhealing.com

Sebenarnya hal yang sangat normal bila pro dan kontra datang. Sebab, memang inilah 2 sifat manusiawi akan hal yang baru. Dari pro dan kontra inilah kita akan banyak belajar dan waspada dalam melangkah. Kita dihadapkan dengan kenyataan manis dan pahit.

Kepandaian kita meramu rasa pahit akan menjadi sesuatu yang manis kemudian. Di balik kontra, bisa kita ambil sisi positifnya, yaitu bahwa mereka sayang! Ya, mereka mempedulikan kita walau kritiknya disajikan dengan sadis.

Apa yang mereka tentang pun bukanlah hal yang selalu perlu dikhawatirkan selama kita berbuat baik dan tidak merugikan. Dengan pembuktian kinerja yang baik, apa yang pada awalnya ditentang akan sebaliknya di-support balik pada akhirnya.

Untuk itu, beberapa tips ini bisa digunakan:

1. Pro-kontra dalam forum sebaiknya jangan dibalas dengan amarah terbuka. Ini hanya akan memicu semakin panas. Alangkah baiknya kita pakai pendekatan pribadi. Melalui private message, kita bisa menanyakan alasan ‘ketidaksukaan’ mereka. Mungkin saja mereka salah persepsi.

2. Mengomentari langsung dengan tetap positive thinking biasanya juga akan mendatangkan aura positif.

3. Diamkan sesaat. Kadang ada yang penasaran bila kita diamkan. Kalau dia merespon dengan tidak baik, bisa kita lakukan dua tips terdahulu. 

Nah, yang paling susah bila mereka sudah menentang kita habis-habisan tanpa alasan yang kuat. Pendekatan pribadi bersifat kekeluargaan malah mental karena mereka sengaja mengajak ‘bertarung’ face to face di depan orang banyak. Rasanya, solusi terakhir adalah mendiamkan.

Apa yang salah? Mendiamkan lebih bijaksana bila hal yang terbaikpun dia tolak. Kadang diam adalah emas. Biarkan angin berhembus bagai badai dan guntur menggelegar, tetapi sang kafilah tetap berlalu.

Jadi, nikmatilah pro dan kontra yang akan selalu hadir dalam setiap kehidupan sekitar kita, tidak hanya dalam tulisan, tetapi juga dalam perilaku kehidupan kita.

Have A Great Day 

naskah oleh Noorhani Laksmi modifikasi oleh Ma Sang Ji

 
8 Komentar

Ditulis oleh pada 24 September 2011 in Antarpribadi, Bermanfaat, Komunikasi

 

Tag: , , ,

8 responses to “Lebih Nyaman Nikmati Pro-Kontra

  1. Five__

    24 September 2011 at 07:47

    Artikelnya bagus, ya terkadang orang hanya mau mencari sensasi saja, dan lebih menyukai forum terbuka karena akan dibaca banyak orang, lebih parahnya lagi tidak peduli apakah itu sesuai konteks atau tidak.

     
    • Ma Sang Ji

      24 September 2011 at 18:38

      Di dunia maya ini, lebih parah lagi bila sang kritikus berlindung di balik identitas samaran.

       
      • noorhanilaksmi

        24 September 2011 at 20:10

        Benar mbak Ma, ada keasyikan tersendiri dengan me-misteriuskan pribadi…

         
    • noorhanilaksmi

      24 September 2011 at 20:08

      benar Five, jangan pernah berharap semua orang suka kita…mengatasi hal yang terkadang menyentil hati ini harus adem dan bijaksana🙂 have a great day …

       
  2. Five__

    26 September 2011 at 07:04

    @MSJ. boleh2 saja kan menggunakan identitas samaran. asalkan kritiknya memang bermanfaat, menarik juga nih untuk dibuat tulisan,,Identitas samaran,,hihihi

     
    • Ma Sang Ji

      26 September 2011 at 07:15

      @ Five
      Yup, nama samaran sudah lazim dalam dunia tulis-menulis, disamping juga lazim di dunia kriminal.

       
    • noorhanilaksmi

      27 September 2011 at 04:29

      Benar Five mo samaran atau tidak selama itu kritik yang membangun gak masalah….wah ide bagus bila Five mau menulis tentang Identitas samaran hahaha share yach

       
  3. Siti Swandari

    7 Oktober 2011 at 16:33

    Mbak ada siang ada malam. ada laki ada wanita, ada hitam juga ada putih, semua itu isi dunia.
    Nikmati aja pro kontra, siapa tahu bisa dapat inspirasi baru dengan peristiwa itu, maju terus, dan sukses selalu

     

Silakan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s