RSS

Cernak: Semut Mengangkat Semangka

30 Sep
Cernak: Semut Mengangkat Semangka

Namanya Lolita, dipanggilnya Loli. Ia adalah seekor semut yang cantik dan cerdik. Ia tinggal di sebuah lubang, di taman bunga yang asri milik pak Tono.. keluarga kaya di sebuah kota.

Pada suatu hari..Loli sedang berjalan-jalan..bermain ke dalam rumah pak Tono. Di sana Loli melihat beberapa  potong buah semangka berserakan di lantai.., sisa makanan dari putri pak Tono yang bernama Michiko. Buah semangka itu terlihat segar  dan manis sekali, sehingga Loli ingin mengambil dan mencicipinya. Loli juga, ingin bisa membawa pulang  buah semangka  itu, untuk  dibagikan kepada keluarga dan teman temannya.

Loli mendekati potongan buah semangka itu. Loli mencoba untuk mengangkatnya dan membawa pulang. Sayangnya..tubuh mungil Loli, tidak mampu membawa  buah semangka itu..dikarenakan potongan buah semangkanya terlalu besar. Loli mencoba  berulang kali..tetapi tubuh mungil Loli tetap tidak kuat membawanya dan  Lolipun terjatuh. Berulangkali Loli mencoba sehingga Loli merasa lelah dan putus asa.

Karena kelelahan..Loli beristirahat sejenak dan tanpa sengaja..Loli memperhatikan kegiatan di sekitarnya. Di sana Loli melihat Rara dan Tika sedang menghadapi masalah yang sama. Di depan Rara dan Tika.., terdapat  donat  pandan  dan tiramisu keju  yang lezat, tetapi mereka tidak dapat menggangkat kue-kue tersebut dan membawanya pulang ke sarang, dikarenakan potongan donat  dan tiramisu keju itu..juga terlalu besar.

Di sela istirahatnya..Loli berpikir keras, bagaimanakah caranya agar Loli dan teman-temannya bisa membawa potongan buah dan kue-kue tersebut ke dalam sarang mereka dan mereka bisa menikmatinya secara bersama-sama.

Lalu..Loli memanggil Rara dan Tika untuk berdiskusi. Loli mengusulkan kepada teman-temannya, agar mereka saling bekerja sama dalam mengangkat potongan  buah semangka dan kue-kue tersebut dengan menggigitnya secara bersama-sama.

“Rara dan Tika, maukah kalian saling membantu bekerja sama denganku, secara bergantian membawa potongan buah semangka dan kue kue yang kita sukai.. ke sarang kita bersama-sama?” pinta Loli kepada teman-temannya.

semut semangka“Baiklah..aku setuju” kata Rara.

“Ya..aku juga setuju..” sahut Tika dengan semangat.

Mereka tertawa bersama-sama dan saling berpandangan.

“Baiklah..bagaimana jika dimulai dengan kita bertiga saling mengigit potongan buah semangka kesukaanku, lalu dilanjutkan dengan menggigit donat pandan kesukaan Rara dan kemudian menggigit kue tiramisu keju kesukaan Tika”  usul Loli..

“Ya..kami setuju” sahut Rara dan Tika berbarengan.

Lalu mereka bertiga  menuju ke tempat potongan buah semangka kesukaan Loli dan memulai mengigit potongan buah semangka  tersebut secara bersama-sama hingga terangkat dan dibawa sampai  ke sarang tempat tinggal Loli. Setelah selesai, lalu mereka melanjutkan dengan menggigit secara bersama-sama sepotong donat pandan  kesukaan Rara.. hingga terangkat dan membawanya ke sarang milik Rara. Dan yang terakhir..mereka bertiga saling  menggigit tiramisu keju kesukaan Tika secara bersama-sama hingga terangkat dan membawanya ke sarang Tika. Selesai sudah semua  potongan buah semangka dan kue-kue itu terangkat ke sarang mereka masing-masing. Semua tertawa gembira.

Berkat ide cerdik Loli..semua kue kue itu bisa terangkat ke sarang meraka dengan mudah dan bukan hanya itu saja..Loli, Rara dan Tika bisa saling berbagi menikmati beragam buah dan kue secara bersama-sama. Mereka bertiga..tersenyum dengan gembira.

Secara serempak mereka berkata, “hemmm……  Yummy, enak sekali  potongan buah semangka dan kue-kue ini, dan kita bisa makan sepuasnya serta bisa berbagi dengan teman yang lainnya, karena sisa makanannya cukup banyak.”

Lalu Loli, Rara dan Tika memanggil keluarga dan teman-temannya untuk menikmati secara bersama-sama potongan buah semangka dan kue yang mereka bawa secara bergotong royong.

by Neny Silvana

 
3 Komentar

Ditulis oleh pada 30 September 2011 in Bacaan Anak, Cerita / Dongeng, Mendidik

 

Tag: ,

3 responses to “Cernak: Semut Mengangkat Semangka

  1. noorhanilaksmi

    1 Oktober 2011 at 06:23

    cerita yang menarik pentingnya suatu kerja sama dilingkungan dewasa team work sesuatu yang meringankan beban kita dlm menghadapi permasalahan2 kerjaan🙂 Nice Saturday🙂

     
    • silvananeny

      1 Oktober 2011 at 20:48

      terimakasih mbak Noor, saya juga suka cerita ini. terlebih, ini adalah cerita anak pertama yang saya tulis🙂

       
  2. Siti Swandari

    8 Oktober 2011 at 10:42

    Ceritanya inspiratif, mengajar anak2 untuk bergotong royong membangun negeri ini menjadi lebih baik, …asal jangan gotong royong dalam korupsi ya. Jabat hati.

     

Silakan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s